WAZZUB - Siapa Tau Bukan Scam


Beberapa waktu yang lalu, saya membeli sebuah buku di Bandung Book Center yang berjudul “40 Anak Muda Terkaya Dunia” yang mengisahkan para anak muda kreatif yang meraup kekayaan jutaan dolar dari dunia maya. Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg masuk dalam daftar buku tersebut. Namun, apakah Anda mengenal nama-nama berikut ini: Chad Hurley,Blake Ross, Alexander Levin? Mereka adalah pendiri Youtube, Mozilla Firefox dan Imageshack.
Apa kesamaan di antara mereka?
Mereka membuat model bisnis baru yang hanya bisa dimungkinkan setelah ada internet. Coba Anda pikirkan, google, facebook, youtube, firefox, imageshack, semua memberikan layanan gratis pada kita melalui internet, dan tetap bisa meraup keuntungan yang luar biasa.
Hal itu bisa terjadi karena Internet membuka peluang dibuatnya banyak model bisnis baru yang semula tidak terpikirkan oleh kita dan kadang-kadang sulit kita pahami.
Nah, kebetulan kemarin saya membaca sebuah artikel tentang sebuah website yang bernama Wazzub. Saat saya baca penjelasan di websitenya, awalnya saya sulit memahami apa yang dimaksud dengan Wazzub ini.
Model bisnis yang mereka buat menurut saya cukup menarik. Kita dijanjikan untuk mendapatkan 50% dari pendapatan wazzub hanya dengan melakukan pendaftaran secara gratis sebelum tanggal 9 April 2012.
Dalam websitenya, wazzub melakukan simulasi dengan asumsi pendapatan $1 per peserta yang berhasil kita referensikan. Sehingga jika kita bisa memperoleh $1/bulan untuk setiap orang yang melakukan pendaftaran di wazzub, selama wazzub masih berjalan.Dari apa yang saya baca, asumsi $1 tersebut nantinya akan berubah-ubah tergantung berapa total pendapatan wazzub dan berapa banyak pesertanya.
Apa-apaan ini, dalam hati saya bertanya.
Setelah search ke beberapa tempat saya berkesimpulan bahwa ada banyak pendapat yang menyatakan bahwa wazzub ini merupakan scam atau penipuan. Namun demikian, saya pikir menarik untuk dicoba. Toh saya tidak mengeluarkan biaya apapun.
Yuk kita lihat lebih detil hasil penelusuran saya dengan mencoba menjawab 2 pertanyaan ini: Apakah benar bisa mendatangkan uang untuk kita tanpa harus mengeluarkan modal, dan apakah kita dirugikan?

Apakah benar bisa mendatangkan uang untuk kita tanpa harus mengeluarkan modal?

Dari yang saya alami, pendaftarannya memang sangat sederhana, kita hanya diminta memasukkan nomor referensi dari orang yang merekomendasikan kita, nama, alamat email dan password.
Sama sekali tidak ada biaya yang harus dibayar.
Jadi, kalau yang dimaksud dengan modal adalah uang, maka ya, saya tidak memembayar biaya pendaftaran apapun. Tetapi kalau yang dimaksud dengan modal adalah waktu dan tenaga, maka kalimat tadi jelas salah. Saya akan jelaskan nanti.
Sebelumnya kita akan lihat dulu apakah model bisnis ini benar-benar akan menghasilkan uang.
Menurut hemat saya bisa jadi benar. Masih ingat cerita tentang 40 anak muda terkaya yang mengandalkan kreativitas untuk menghasilkan uang di internet tadi kan?
Nah, dari apa saya baca, wazzub menggunakan model bisnis yang memanfaatkan jumlah pengguna yang besar seperti Facebook dan Google. Pada umumnya, model bisnis ini mengandalkan pendapatan dari iklan, atau istilah kerennya advertisement revenue.
Kesuksesan model bisnis yang mengandalkan jumlah pengguna massal adalah aplikasinya harus bagus sehingga banyak orang yang secara sukarela menggunakannya. Contohnya, search engine banyak, tapi yg sukses google, social media banyak, yg sukses facebook, dll.
Nah, menurut saya wazzub berpeluang untuk berhasil dengan catatan aplikasinya harus bagus. Kalau aplikasinya bagus, maka banyak orang yang akan menggunakan secara sukarela, mereka berpeluang memasang iklan seperti google atau facebook, dan kita bisa ikut menikmati 50% hasilnya. Dengan catatan kalau berhasil.
Lho, lalu kontribusi kita di mana, kok bisa enak-enak dapat uang tanpa usaha? Eits, nanti dulu. Siapa bilang enak-enak tanpa usaha. Kita justru yang harus bekerja tanpa bayaran dulu untuk wazzub. Nanti akan saya jelaskan di bawah, apa sebetulnya kontribusi kita pada wazzub.

Apakah kita dirugikan?

Dari apa yang sudah saya pelajari sampai saat ini kerugian yang bisa kita derita ada bermacam-macam, antara lain:
  • Kerugian materi (biasanya uang pendaftaran dalam MLM, dll)
  • Kerugian privacy (biasanya kita diminta memasukkan data pribadi, seperti alamat, nomor kartu kredit, no telp, dll yang biasanya digunakan oleh situs pengumpul member). Data dari kita biasanya mereka jual ke pihak lain.
  • Kerugian aplikasi (ada kemungkinan komputer kita dipasangi spyware atau adware)
  • kerugian waktu (harus daftar, melakukan promosi, dll)
  Kerugian materi tidak saya alami sampai saat pendaftaran ini. Kerugian privacy, mungkin terjadi walaupun kecil. Mengapa? Karena data yang diminta sangat minim. Saya akan berikan saran bagaimana cara mengantisipasi kerugian privacy ini nanti.
Sampai saat ini, kerugian yang sudah saya alami adalah kerugian waktu.
Apa maksudnya? Kita sebenarnya dimanfaatkan oleh wazzub untuk melakukan kegiatan buzz marketing atau viral marketing. Sebagai website yang mengandalkan jumlah pengguna untuk kesuksesannya, wazzub harus segera memiliki sebanyak mungkin pengguna. Nah, di situlah kita dimanfaatkan oleh wazzub. Secara tidak sadar, kita harus melakukan promo untuk wazzub, tetapi dibayar belakangan, kalau dia berhasil. Wazzubnya diuntungkan karena mereka tidak perlu mengeluarkan biaya promosi di awal karena kita membantu mereka melakukan promosi.
Mungkin bisa diilustrasikan seperti ini.
Kita diajak teman kita untuk join / bekerjasama mendirikan toko kue baru. Karena pemodalnya tidak cukup besar, maka sebagian ada yg menyumbang uang untuk sewa toko dan beli bahan kue, ada menyumbang resep, ada yang menyumbang tenaga pembuatan kue, ada juga yang diminta menyumbang tenaga untuk melakukan promosi agar toko kuenya dikenal orang. Kita tidak diminta uang sebagai partisipasi memiliki saham di toko kue tersebut, tetapi kita diminta meluangkan waktu untuk mempromosikan kuenya sebagai patungan kita.
Bagaimana dengan kerugian aplikasi? Menurut pendapat saya, ke depannya memang berpeluang ada kerugian aplikasi karena kita nanti harus men-set homepage browser kita ke alamat wazzub.com. Tetapi kalau memang aplikasi search engine dan portal wazzub bagus, saya rasa tidak masalah. Saya belum terlalu jelas untuk msalah ini.
Terus terang saja, banyak hal yang membuat saya ragu dengan wazzub ini. Namun demikian, saya iseng-iseng saja melakukan pendaftaran ke wazzup dengan pertimbangan seperti ini. Saya tidak mengeluarkan uang untuk mendaftar dan menjadi bagian dari sebuah model bisnis baru yang menurut saya menjanjikan, namun tetap berhati-hati saat melakukan pendaftaran agar terhindar dari scam.
Berikut ini apa yang saya lakukan saat daftar agar meminimalisir terjadinya scam. Saya sarankan Anda untuk melakukan hal yang sama jika tertarik untuk iseng-iseng nyoba.
  • Saat pendaftaran tidak diminta membayar apapun, jadi kerugian materiil tidak terjadi saat saya daftar.
  • Buat email baru untuk mendaftar di wazzub. Jangan gunakan email reguler Anda.
  • Gunakan nama yang singkat saja saat daftar.
  • Gunakan password yang berbeda dengan password yang biasa Anda gunakan di email, facebook atau website lainnya.
Oh ya, WAZZUB baru yang akan launching pada tgl 9 April 2012, dan hanya pendaftaran sebelum tanggal 9 April 2012 saja yang akan mendapatkan bagi hasil tersebut dengan catatan harus memiliki 3 orang yang sudah kita referensikan.
Silakan baca narasi tentang ” WAZZUB ” ini kalau ingin membaca lebih detail agar lebih paham, atau langsung iseng-iseng coba seperti saya daftar di sini secara gratis. Klik aja link tersebut karena Anda akan memerlukan nomor referensi dari saya saat daftar. Mohon diingat, saran saya ini “Gunakan email khusus yang baru, bukan email reguler Anda, dan jangan lakukan pembayaran apapun”.
Oh ya,  perhatikan juga jumlah $factor minimum untuk bisa menerima pembayaran yaitu minimal $factor 3. Artinya Anda sebaiknya segera mengajak teman-teman lain untuk ikutan iseng mencoba minimal 3 orang. Jangan lupa juga untuk melakukan verifikasi email kamu ya. Have fun icon smile Iseng iseng Daftar Gratis, Siapa Tahu Bisa Dapat Penghasilan Tetap

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons